Simak Beberapa Manfaat Main Game Online Berikut Ini, Salah Satunya Meningkatkan Fokus

GejolakNews - Bermain game bukan sekedar menyalurkan hobi saja. Tidak juga membuang-buang waktu seperti pendapat sebagian orang.

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa bermain game juga bermanfaaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat main game online yang terbukti secara ilmiah.

Beberapa Manfaat Main Game Online
image: pixabay

Apa Saja Manfaat Main Game Online?

Mampu Mengatasi Masalah

Baik game online maupun game offline akan membutuhkan pemain untuk memenangkan kompetisi atau tugas dalam game. Maka tidak heran, jika kemampuan memecahkan masalah pemain game akan meningkat. 

Hal ini karena kemampuan pemecahan masalah membutuhkan kreativitas tingkat tinggi dan cara berpikir yang tidak biasa.

Meningkatkan Fokus

Tentu anda sering melihat pemain game online akan sangat fokus ketika sedang dalam sebuah pertandingan. Bahkan, fokus mereka bisa bertahan berjam-jam, hal ini akan sangat mempengaruhi secara tidak langsung kemampuan fokus dalam kehidupan sehari-hari.

Meningkatkan Kinerja Otak

Ketika ada masalah atau tugas baru dalam game online, IQ seseorang akan diuji. Dengan kemauan yang kuat, baik rintangan maupun masalah yang sulit akan mudah diselesaikan. Hal inilah yang jika dilakukan secara terus menerus akan memberikan peningkatan kemampuan dan kinerja otak.

Menambah Teman

Manfaat dari bermain game online ini bisa dikatakan dampak sosial yang cukup baik bagi sebagian orang. Terkadang stigma negatif masyarakat sering muncul jika bermain game online akan membuat anda apatis. Padahal jika dipikir-pikir, justru dalam game online dibutuhkan kerjasama yang baik antar sesama pemain.

Game Tetris Membantu Membatasi Trauma

Dalam sebuah penelitian, 37 pasien kecelakaan lalu lintas di bagian gawat darurat sebuah rumah sakit di Oxford, Inggris, secara acak ditugaskan untuk bermain Tetris selama 20 menit.

34 pasien lainnya tidak diberi permainan, tetapi diminta untuk merekam aktivitas rutin mereka. Akibatnya, pasien yang bermain Tetris memiliki kilas balik yang jauh lebih sedikit terhadap kecelakaan traumatis.

Video Game Bisa Membuat Lebih Pintar

Penelitian yang dipublikasikan di PLoS ONE pada tahun 2013 mengatakan bahwa kognisi seseorang dapat ditingkatkan ketika dia mulai bermain Xbox atau PlayStation. Para peneliti menemukan bahwa semua video game, baik game aksi maupun non-aksi, meningkatkan fungsi kognitif peserta.

Itulah beberapa manfaat main game online yang bisa anda ketahui, semoga bermanfaat.

LihatTutupKomentar
Cancel