Gunung Slamet Keluarkan Asap Bentuk Cincin

Gunung Slamet Keluarkan Asap Bentuk Cincin. Yah meski sebagian kita saat ini sedang hiruk pikuk oleh isu Koalisi Merah Putih menggoalkan RUU Pilkada serta keluarnya Ahok dari partai gerindra, mestinya kita jangan terlalu terlena. Situasi dan kondisi, fenomena alam atau apapun di sekitar kita mesti selalu kita perhatikan. Bicara mengenai fenomena alam, siang tadi, seorang pengamat gunung api memposting sebuah gambar unik di facebook. Asap yang keluar dari Gunung Slamet berbentuk cincin. Lebih lengkapnya berikut saya postingkah gambar beserta penjelasan yang saya peroleh dari akun facebook Ma'rufin Sudibyo.
Cincin Asap Gunung Slamet, muncul siang ini (Kamis 11 Sep 2014). Cincin asap adalah fenomena yang sangat jarang terjadi, apalagi di Indonesia. Sependek yang saya tahu kejadian yang terdokumentasi ya baru di Gunung Slamet ini.

Cincin asap terbentuk dari gas dan uap air yang termampatkan dan lantas keluar dari lubang letusan dengan tekanan dan kecepatan yang pas, sehingga tak buyar namun juga tak melayang rendah. Fenomena ini justru menegaskan bahwa saluran magma Gunung Slamet memang tetap terbuka. Sehingga magma dan gas yang hendak menyeruak keluar tak sempat tertahan di 'leher' gunung. dengan saluran yang terbuka, potensi terjadinya letusan besar boleh dikata cukup kecil.

Yang penting tetap waspada, tetap mencermati perkembangan sang gunung, tetap memantau informasi BPBD setempat dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi. Tak perlu membesar-besarkan klaim, info (apalagi foto) yang belum jelas juntrungannya. Kerap sebuah bencana menjadi petaka berlipatganda (yang sejatinya tak perlu sampai sejauh itu) kala ia disebarkan sebagai desas-desus via retweet & share yang merambah kemana-mana.

Entah apa arti dari fenomena alam ini atau mungkin tidak berarti apa-apa karena barangkali begitulah cara alam dalam berinteraksi. Okelah, lupakan maknanya, langsung saja lihat foto Gunung Slamet Keluarkan Asap Bentuk Cincin berikut ini.
Gunung Slamet Keluarkan Asap Bentuk Cincin

Gunung Slamet Keluarkan Asap Bentuk Cincin


Sumber gambar dari kompas.com
LihatTutupKomentar
Cancel