Sep 29, 2013

Blackberry Messenger Komputer Desktop

Bukan saja mengijinkan kepergian aplikasi Blackberry Messenger alias BBM ke dua perusahaan saingan mereka yakni Android dan Iphone, kabar terbaru yang mengejutkan adalah akan ada aplikasi BBM untuk komputer desktop (PC). Kejutan ini disampaikan langsung oleh Alec Saunders ketika membuka konferensi Blackberry Jam Asia tanggal 26 September 2013 di Hongkong kemarin. Menurut Saunders, perusahaan BlackBerry saat ini sedang mengerjakan sebuah proyek besar yakni mereka berusaha menciptakan dan mengimplementasikan Blackberry Messenger pada komputer desktop.

Menurut pribadi saya, rencana blackberry untuk menghadirkan BBM For Desktop Computer ini bukan sekedar rencana saja karena ternyata aplikasi BBM untuk PC ini sudah didemokan di depan developer dan media yang hadir di pesta tahunan BlackBerry di Hongkong tersebut. Sistem operasi komputer yang digunakan untuk demo adalah Windows 7.
Blackberry Messenger (BBM) di Komputer Desktop
smbr gambar : http://tekno.kompas.com
Cara Kerja BBM di Komputer Desktop
Walaupun bakal disediakan untuk komputer desktop, aplikasi ini ditengarai bukan merupakan aplikasi yang  bisa berdiri sendiri. Cara Kerja BBM di Komputer Desktop sedikit berbeda dengan aplikasi yang sama pada Os Android dan iPhone maupun pnsel Blackberry. Aplikasi BBM untuk komputer ini bisa bekerja (chatting dan lain-lain) jika terhubung dengan ponsel BlackBerry. Untuk menghubungkan ponsel dengan aplikasi BBM di komputer ini digunakal aplikasi Windows Bridge Apps. Jadi, walaupun didesain untuk komputer, namun tetap saja usernya harus memiliki ponsel yang sudah terinstal aplikasi BBM.

Kesimpulan yang bisa saya ambil adalah, sebenarnya BBM tetap dioperasikan di ponsel. Hanya saja tampilannya diproyksikan atau istilah saya, ditransfer ke PC. Karena, selama berBBM ria di PC, ponsel harus selalu terhubunga komputer, baik melalui USB atau WiFi.

Cara kerja BBM untuk desktop ini sebenarnya mirip BBM di tablet BlackBerry Playbook. Jadi, tampilan BBM di ponsel akan di-mirror (diproyeksikan) ke komputer desktop melalui USB atau WiFi. Selanjutnya, pengguna bisa mengirim dan menerima pesan di komputer desktop.

Keunggulan BBM di Komputer Desktop nyaris sama, namun yang sedikit membedakannya adalah BBM untuk komputer desktop selain dipakai untuk mengirim teks, foto, file, dan dokumen lain yang terdapat di PC dapat dikirimkan melalui aplikasi BBM ini.

Kapan aplikasi BBM Untuk Komputer Desktop dirilis? Belum bisa dipastikan, hanya saja pihak blackberry berjanji akan hadir dalam waktu dekat.

Related Posts

Blackberry Messenger Komputer Desktop
4/ 5
Oleh

Tinggalkan Komentar Sebagai Bentuk Apresiasi Anda, Terserah, makian dan umpatan akan saya terima jika itu bermanfaat bagi perkembangan Anak Saya...