Jan 23, 2013

Masakan Khas Sunda, Khasanah Kuliner Indonesia

Masakan Khas Sunda, Khasanah Kuliner Indonesia
Negeri Seribu Pulau. Di mana lagi di dunia ini tempat yang dijuluki sebagai Negeri Seribu Pulau selain Indonesia? Saya merasa ini sebuah keharusan Indonesia menyandang gelar tersebut, mengingat negeri kita memang terdiri dari begitu banyak gugusan pulau, baik kecil maupun besar. Gugusan pulau-pulau tersebut jika dihitung, total jumlahnya mencapai ribuan pulau lebih. Hal inilah yang menjadi dasar kuat negeri kita menyandang gelar Negeri Seribu Pulau. Dengan jumlah pulau yang demikian banyaknya, tentu saja Indonesia memiliki berbagai keunikan di setiap daerah atau pulau-pulaunya. Salah satu keunikan yang menjadi produk andalan setiap daerah adalah tersebut masakan khas daerahnya.

Berbicara tentang masakan khas daerah, Indonesia sejak jaman dahulu memiliki berbagai jenis masakan khas daerah yang namanya sudah dikenal di mana-mana. Sebut saja, Masakan Padang, Masakan Jawa,  Masakan Bali dan Masakan Sunda. Beberapa nama masakan yang saya sebutkan di atas merupakan masakan khas daerah yang sudah go nasional. Sudah dikenal di mana-mana.
gurame asam manis raja sunda restoran
image by www.rajasunda.com
Masakan Sunda misalnya, sudah dikenal hampir di seluruh penjuru negeri. Kepopuleran masakan dari daerah ini dikarenakan oleh beragam alasan. Ada yang menilainya sebagai masakan yang diolah dengan cara yang praktis dan mudah namun memiliki cita rasa yang tinggi.  Ada pula yang menyimpulkan bahwa kepopuleran Masakan Sunda ini dikarenakan menu masakan yang mana kesemuanya bisa dengan mudah diterima oleh lidah-lidah selain orang Sunda.  Hal ini sesuai dengan pendapat orang-orang yang pernah mencicipi beberapa menu Masakan Sunda.

Benar-benar menggugah selera. Begitulah pujian yang mereka lontarkan untuk masakan khas daerah sunda ini. Bahkan, banyak restoran di daerah Sunda khususnya Bandung selalu menyuguhkan beragam masakan yang menggugah selera ini. Mulai dari ikan, udang, cumi-cumi, ayam dengan berbagai varian olahannya bahkan menu Bebek Crispy juga sedang menjadi trend saat ini. Penasaran bagaimana cara pengolahan dan penampilan menu Bebek Crispy ini? Silahkan mengenal lebih dekat dengan menu masakan yang sedang trend ini di artikel Menu Andalan Bebek Crispy.

Keunikan Masakan Sunda bukan dari kelezatan dan berbagai jenis menu yang menggugah selera saja namun dari Selera Pedasnya. Yah, masakan Sunda kalau tidak pedas bukan lagi namanya masakan Sunda. Rasa pedas memang mendominasi di hampir semua masakan khas Sunda. Hal ini sudah cukup lama di kenal dan sudah menjadi tradisi masyarakatnya dalam mengolah bahan makanan. Buah cabai selalu menjadi bumbu andalan dalam setiap Masakan Sunda.

Related Posts

Masakan Khas Sunda, Khasanah Kuliner Indonesia
4/ 5
Oleh

3 comments

July 17, 2014 delete

Sayang gak begitu suka ikan..
Dus Makanan

Reply
avatar
November 14, 2015 delete


terima kasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat ini. semoga memberikan manfaat bagi pembacanya. saya memiliki artikel sejenis yang bisa anda kunjungi di sini pariwisata

Reply
avatar
November 14, 2015 delete

terima kasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat ini. semoga memberikan manfaat bagi pembacanya. saya memiliki artikel sejenis yang bisa anda kunjungi di sini pariwisata

Reply
avatar

Tinggalkan Komentar Sebagai Bentuk Apresiasi Anda, Terserah, makian dan umpatan akan saya terima jika itu bermanfaat bagi perkembangan Anak Saya...