Mari Mengenal Bunga Kredit Perbankan

Mari Mengenal Bunga Kredit Perbankan - Salah satu cara jitu dan simple selain bekerja sungguh-sungguh dan hemat untuk menjadi seorang pengusaha yang kaya raya adalah memanfaatkan kredit yang diberikan pihak bank. Sebenarnya, uang yang dikreditkan oleh pihak bank untuk nasabahnya adalah uang dari nasabah juga. Nasabah-nasabah yang lain maksudnya di sini. Karena kalau uang tersebut disimpan begitu saja berarti tidak ada gunanya alias tidak ada untungnya. Sementara di lain pihak bank juga memerlukan pendapatan yang digunakan untuk membayar bunga tabungan dan deposito dari tabungan nasabah-nasabahnya. Jalan satu-satunya yang dilakukan bank adalah memutar balikan uang tersebut dengan cara memberikan pinjaman (kredit) dengan bunga dalam jumlah tertentu. Bunga kredit inilah yang pada akhirnya menjadi pendapatan pihak bank.

Mari Mengenal Bunga Kredit Perbankan
Sebelum kita memutuskan untuk mengambil uang dari salah satu bank, terlebih dahulu kita harus mempertimbangkan beberapa hal. Salah satunya adalah tingkat bunga. Apakah anda yang membaca tulisan ini sudah paham dari mana tingkat bunga yang diberikan pihak bank itu ditentukan? Namun jika belum memahami dengan jelas, mungkin saja artikel ini bisa menambah wawasan anda karena artikel ini akan membahas berbagai jenis bunga dalam kredit perbankan yang membuat Anda sedikitnya tahu tentang bunga kredit yang selama ini diambil. Sebelumnya maaf saja, definisi dari berbagai jenis bunga kredit di bawah ini sudah saya pangkas. Kalau anda penasaran, silahkan mendownload ebooknya. Link download ebook “Mari Mengenal Bunga Kredit Perbankan” ada di akhir tulisan ini.

Jenis-Jenis Bunga Kredit Perbankan
  • Bunga Flat : Bunga flat menerapkan tingkat bunga dan angsuran bulanan yang sama pada angsuran kredit setiap bulannya.
  • Bunga Efektif : Berbeda dengan bunga flat, penentuan bunga efektif didasarkan pada saldo pokok hutang bulan sebelumnya, sehingga nilai bunga pun semakin kecil seiring dengan saldo pokok hutang yang semakin kecil.
  • Bunga Anuitas : Bunga anuitas prinsipnya sama seperti bunga efektif namun yang berbeda ialah angsuran bulanan yang akan tetap sama setiap bulannya.
  • Sistem Fixed dan Floating : Sistem bunga fixed didasarkan pada sistem bunga kredit yang tetap jika tingkat bunga pasar berubah. Sebaliknya, sistem bunga floating (mengambang) didasarkan pada penerapan bunga kredit yang berubah jika tingkat bunga pasar berubah.
  • Perbandingan Bunga Flat dan Bunga Efektif : Kita bisa membandingkan bunga flat dan bunga efektif dari perhitungan sederhana diatas yaitu dengan bunga flat 6%, jangka waktu kredit 3 tahun dan saldo pokok hutang Rp. 140.000.000 dibandingkan dengan bunga efektif 12% dan saldo pokok hutang dan jangka waktu kredit yang sama.

Download ebook “Mari Mengenal Bunga Kredit Perbankan”
Download ebook Mari Mengenal Bunga Kredit Perbankan

Refferensi : Liputan6

Comments

  1. Kita memang harus jeli dalam memilih kredit, kalu gak bisa pusing sendiri

    ReplyDelete

Post a Comment

Tinggalkan Komentar Sebagai Bentuk Apresiasi Anda, Terserah, makian dan umpatan akan saya terima jika itu bermanfaat bagi perkembangan Anak Saya...

Popular posts from this blog

Wanita-Wanita Tua Ini Dulunya Seksi dan Panas

Indonesia Asian "S" Diary

Koleksi Foto-Foto Cantik Megawati Prabowo