Puncak Merapi Alirkan Lava Pijar - KOMPAS.com

Puncak Merapi Alirkan Lava Pijar - KOMPAS.com - YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Puncak Merapi tampak memerah, Senin (8/11/2010) dini hari ini. Titik api yang merupakan lava pijar di puncak Gunung Merapi sekitar pukul 01.25 WIB terlihat cukup besar dan kemudian mengalir.

Guguran lava pijar ini terpantau dari Manisrenggo, Klaten. Sedangkan dari Posko Keputran, Kemalang, suara menggelegar masih terdengar dari dalam perut Merapi. Semburan material vulkanik Gunung Merapi juga terpantau dari kawasan Manisrenggo, sekitar 20 kilometer dari puncak di sektor tenggara, pada pukul 01.00 WIB. Sebelumnya pada pukul 00.00 WIB, Merapi terus mengeluarkan gemuruh yang keras.

Puncak Gunung Merapi mengeluarkan lava pijar terlihat dari Dusun Gondang, Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah, Minggu (31/10/2010).


Dalam laporan terakhir, Minggu pukul 24.00, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, menyatakan aktivitas kegemapaan di sekitar Merapi mengalami peningkatan terus dalam tiga hari terakhir. Sepanjang hari ini tercatat gempa vulkanik 31 kali, bahkan gempa tektonik 1 kali yang berpusat di Wonosari. Tremor, guguran material, dan awan panas juga dilaporkan terus beruntun sepanjang hari.

Comments

Popular posts from this blog

Wanita-Wanita Tua Ini Dulunya Seksi dan Panas

Indonesia Asian "S" Diary

Koleksi Foto-Foto Cantik Megawati Prabowo